Minggu, 17 November 2019

Shin Tae-Yong, Dipercaya Bisa Membuat Indonesia Moncer




Shin Tae-Yong, Dipercaya Bisa Membuat Indonesia Moncer



eropasport.com - Hal yang cukup menarik dari teka-taku masalah siapa yang akan melatih Timnas Indonesia, menggantikan posisi Simon McMenemy. Selain nama Luis Milla sudah dikenal oleh masyarakat pecinta sepak bola Tanah Air, ada sosok Shin Tae-yong asal Korea Selatan yang digadang-gadang menukangi skuad Garuda.

Walau belum ada kepastian, pelatih asal Negeri Ginsing bukan sosok sembarangan. Shin Tae-yong merupakan legenda sepak bola Korea Selatan yang pernah mendapatkan enam trofi di Liga domestik negaranya. Pria 49 tahun ini sangat menarik disimak.

Sosok pelatih yang mempunyai segudang prestasi


Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola, Shin Tae-yong beralih menjadi pelatih dengan rekam jejak yang gemilang. Tercatat, dia menorehkan juara Liga Champions Asia 2010 dan FA Korea 2011 ketika menukangi klub domestik Korea Selatan, Sengnam Ilwa Chunma. Dari sana, dia dipercaya untuk melatih Timnas Korea Selatan di ajang Piala Dunia 2018.


Diincar oleh PSSI sebagai calon pelatih anyar Timnas Indonesia


Nama Shin Tae-yong masuk bursa sebagai calon pelatih Timnas Indonesia selain Luis Milla. Kemungkinan besar Shin dan Lusi Milla akan melakukan presentasi di hadapan Iwan Bule dan Komite Eksekutif (Exco) PSSI, pada medio Desember 2019 mendatang.

Menolak tawaran klub Jepang dan China demi Indonesia


Demi terpilihnya menjadi juru taktik skuad Garuda, Shin Tae-yong menolak tawaran dari klub Liga Jepang dan China. Hal ini diungkapkan oleh jurnalis asal Korea Selatan, Seo Jae-won, dia mengatakan bahwa pria berusai 49 tahun ini akan tetap melihat tawaran Indonesia. " Pelatih Shin Tae-yong sudah bernegosiasi dengan klub di J'League dan Liga Super Chine, dia tetap memutuskan untuk mendengarkan tawaran dari PSSI, " ujarnya.


Akan menjadi pelatih dari Asia kedua kalau dirinya dipilih melatih Timnas Indonesia


Apabila Shin Tae-yong yang akan terpilih menjadi pelatih Timnas Indonesia, dia akan menjadi orang Asia kedua yang menlatih Timnas Indonesia. Sebelumnya, Tim Garuda pernah dilatih olhe Choo Seng Quee yang berasal dari Singapura. Hal ini tentu saja menjadi fakta yang menarik.


Langkah ini, meniru jejak Vietnam yang memilih calon pelatih asal Korea Selatan


Vietnam sudah menggunakan tenaga pelatih sepakbola asal Korea Selatan sejak 2017. Dibawah asuhan Pak Hang-seo, Vietnam sukses lolos di final Piala Asia U-23 2018, semifinal Asian Games 2018, juara Puala AFF 2018 dan menembus perempatfinal Piala Asia 2019. 


Hal ini yang coba diikuti PSSI dengan menargetkan sosok Shin Tae-yong sebagai calon pelatih Timnas.

Dengan melihat nama Shin Tae-yong sebagai target PSSI, jelas ada harapan besar yang ingin dicapai di masa depan. Dengan memiliki banyak pengalaman, bukan hal yang mustahil apabila Shin Tae-yong menorehkan prestasi baru bersama skuad Garuda.


EmoticonEmoticon